Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah ke kawasan Bajoe, Jumat (8/1/2021), dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Kabupaten Bone.

THENEWSULSEL.COM, BONE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone terus membenahi berbagai infrastruktur daerah untuk mendukung pusat pertumbuhan ekonomi baru. 

Salah satu yang tengah menjadi perhatian adalah rencana pengembangan kawasan anjungan Pantai Bajoe. 

Terkait rencana ini, Bupati Bone, Andi Fashar Mahdin Padjalangi meminta kesedian Pemprov Sulsel untuk memfasilitasi rencana Pemkab Bone itu.

"Saya ingin mengatakan bahwa kewenangan untuk melakukan investasi di daerah pantai ada di Bapak Gubernur. Jadi mohon bapak Gubernur dapat memfasilitasi pembangunan ini, sehingga bisa bisa menangka peluang ekonomi," kata Bupati Bone, ketika menyambut kunjungan kerja gubernur, Jumat (8/1/2021).

Gubernur dan rombongan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bone, setelah sebelumnya melakukan kunjungan serupa ke Kabupaten Jeneponto, Bantaeng, dan Sinjai. 

Andi Fashar melanjutkan, pembangunan Pantai Bajoe perlu dilakukan, sebab sedimentasi sepanjang 10 kilometer yang terjadi jika air surut.

Baca: Nurdin Abdullah Resmikan, Bone Kini Punya RTH Green Epicentrum

"Sangat memungkinkan untuk dilakukan pembangunan ini, mengingat sedimen Bajoe apabila terjadi air surut maka kita bisa berjalan sejauh 10 kilometer ke arah tengah laut," terangnya.

Kawasan Pantai Bajoe, kata Andi Fashar juga merupakan penghubung Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara (Sultra).

Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah bersama Bupati Bone, Dr A Fahsar M Padjalangi mengunjungi kawasan Bajoe, Jumat (8/1/2021).

Jika dibangun maka sangat memungkinkan menjadi pusat grosir untuk kebutuhan masyarakat di Sulawesi Tenggara maupun wilayah Bone, Soppeng, Wajo, dan Sinjai.

"Kalau ini terjadi, bisa mewujudkan pusat pelayanan ekonomi di luar Kota Makassar," ujarnya.

Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah menanggapi positif hal ini dengan mengatakan, mensupport rencana strategis Pemkab Bone menjadikan Pantai Bajoe sebagai kawasan bisnis.

Baca: Elon Musk Kini Orang Terkaya di Dunia, Melejit karena Mobil Listrik, ini Profilnya

"Kita lihat beberapa rencana strategis pak Bupati, Pantai Bajoe ini kalau lagi surut bisa sepuluh kilometer keluar. Dengan potensi seperti ini, tentu kita harus cari pengembang,” kata gubernur.

“Pantai itu kan wilayah mahal. Bone letaknya sangat strategis kalau dibangun pusat bisnis dari tenggara akan banyak berkunjung ke sini. Ini kan daerah penyeberangan, kami support pak bupati yang akan mengembangkan Pantai Bajoe ini,” katanya. (*)



Tags: A Fahsar M Padjalangi Bupati Bone Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah

Baca juga