Plt Ketua Umum DPP PPP, Suharso Monoarfa

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA  - Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa yang terpilih secara aklamasi, Desember 2020 lalu,  menunjuk Arwani Thomafi sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) dPPP periode 2020-2025. 

Suharso yang juga menjabat Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional pada Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma’ruf Amin, mengumumkan keputusan itu pada acara tasyakuran hari lahir PPP ke-48 yang digelar secara daring, Selasa (5/1/2021). 

"Bersangkutan adalah anggota DPR, dari kalangan santri dan juga relatif muda, usianya baru 42 tahun. Kiprahnya sudah kita kenal, namanya adalah Arwani Thomafi," kata Suharso. 

Demi menjalankan tugas itu, Arwani akan mengundurkan diri sebagai anggota DPR. Saat ini, Arwani menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi V DPR. 

Siapa Arwani? Pria ini lahir di Rembang, Jawa Tengah, pada 21 November 1975.

Ia terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2009-2024 di usia 34 tahun dari PPP mewakili Dapil Jawa Tengah III (Kabupaten Rembang, Pati, Grobogan, dan Blora). 

Arwani mulai aktif di DPP PPP tahun 2007, sebagai Wakil Sekjen PPP. Setelah Muktamar Bandung tahun 2011, ia terpilih sebagai Ketua Bidang Komunikasi DPP PPP.

Sekjen DPP PPP terpilih, Arwani Thomafi

Pria yang akrab disapa Gus Aang ini pernah menjabat Wakil Ketua Umum DPP PPP sekaligus sebagai Korwil Pemenangan Jawa dan Kalimantan. 

Sebagai Korwil Pemenangan Jawa dan Kalimantan, dalam Pilkada 2018 lalu, Arwani bersama stakeholder partai berhasil memenangkan pilkada di tiga provinsi besar di pulau Jawa yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. 

Pada Pemilu 2019 lalu, Arwani meraih sekitar 69 ribu suara. Ia terpilih kembali untuk DPR periode 2019-2024. Saat ini merupakan periode ketiganya di Senayan.

Arwani tumbuh dan besar di lingkungan pesantren asuhan orangtuanya (Alm) KH Ahmad Thoifur & (Almh) Ibu. Hj. Muhimmah Fathurrahman di Lasem, Rembang.

Saat kuliah di Fakultas Syariah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Arwani juga nyantri di Pondok Pesantren al-Munawir Krapyak, Yogyakarta

Suharso menjelaskan, susunan kepengurusan secara utuh rencananya diumumkan pada akhir Januari 2021 nanti. 

"Sebetulnya besok atau malam ini saya sudah bisa mengumumkan, tapi kita ingin mencari waktu yang pas sehingga bisa punya efek yang baik dan bisa dikenang dan dikenal masing-masing dari mereka," tambahnya.

Sekjen PPP saat ini adalah Arsul Sani yang juga anggota DPR RI. 

Sebelumnya, nama politisi asal Sulsel, HM Amir Uskara juga disebut-sebut berpeluang jadi sekjen. Saat ini, Amir Uskara yang anggota DPR RI menjabat Wakil Ketua Umum DPP PPP.

Beberapa waktu lalu, Suharso menyampaikan, kader yang terpilih masuk pengurus DPP PPP tidak boleh menjadi calon anggota legislatif (caleg) untuk Pemilu 2024. (*)



Tags: Arwani Thomafi Ketua Umum PPP Rembang Sekjen PPP Suharso Monoarfa

Baca juga