ilustrasi uang

THENEWSULSEL.COM, JAKARTA – Pemerintah  melalui Kementerian Sosial (Kemensos) berencana menyalurkan tiga jenis bantuan sosial (bansos) mulai Senin (4/1/2021) besok.

Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kementerian Sosial, Asep Sasa Purnama mengatakan, acara penyaluran bansos 2021 akan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Insya Allah, akan ada acara penyaluran bansos 2021 oleh Bapak Presiden tanggal 4 Januari 2021 pukul 14.00 WIB di Istana Presiden. Saat ini kami tengah persiapan untuk acara tersebut," kata Asep kepada media, Minggu (3/1/2021) pagi.

Tiga jenis bansos itu adalah 

⦁  Program Keluarga Harapan (PKH)

⦁  Program sembako

⦁  Bantuan Sosial Tunai (BST)

Kementerian Sosial mencatat, terdapat 38,8 juta penerima tiga bantuan itu.

"Kalau PKH 10 juta KPM, Program Sembako/BPNT sebanyak 18.8 juta KPM, dan BST 10 juta KPM," kata Asep. 

Mekanisme Penyaluran 

Asep menjelaskan, proses penyaluran PKH dan program sembako akan dilakukan oleh Himbara melalui rekening, sementara BST akan disalurkan ke KPM melalui mekanisme kantor pos.

Untuk Program Keluarga Harapan (PKH), akan menyasar kelompok-kelompok seperti keluarga yang di dalamnya terdapat ibu hamil, anak usia dini, anak sekolah, penyandang disabilitas, dan lanjut usia.

Bantuan PKH ini diberikan dalam empat tahap selama satu tahun, yakni Januari, April, Juli ,dan Oktober 2021.

Bagi penerima program sembako, akan mendapatkan bantuan senilai Rp 200.000 dan disalurkan mulai Januari hingga Desember 2021. 

Belum lama ini, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini yang menggantikan Juliari Batubara mengingatkan seluruh penerima bantuan agar tidak menggunakan uang bansos untuk membeli rokok. 

Peringatan ini, kata Mensos, merupakan instruksi langsung dari Presiden Jokowi. Jika tidak taat instruksi, maka penerima bansos akan dievaluasi. (*)



Tags: bantuan sosial BST PKH

Baca juga