ilustrasi virus corona

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR - Virus corona varian baru yang pertama kali ditemukan di Inggris, sudah menyebar ke banyak negara.

Sebagai antisipasi, banyak negara yang memutuskan melarang kunjungan warga Inggris ke negaranya dan sebaliknya.  

Pemerintah Indonesia juga menerapkan kebijakan ini. Indonesia akan menutup pintu bagi semua Warga Negara Asing (WNA) mulai 1 hingga 14 Januari 2021.

Tujuannya, untuk mencegah masuknya virus corona varian baru. Apalagi enam negara di Asia sudah melaporkan adanya kasus corona varian baru, yakni   India, Singapura, Jepang, Malaysia, Lebanon, dan Korea Selatan. 

Menurut media Inggris, virus corona varian baru ini lebih cepat menular. Namun, tidak lebih mematikan.

Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Zubairi Djoerban mengatakan, penularan varian baru virus corona B117 dapat mencapai 71% lebih cepat.

Karena itu, ada baiknya Anda mengenali 7 gejala virus corona varian baru sebagai berikut: 

Kelelahan

Kehilangan selera makan

Sakit kepala

Diare

Kebingungan

Nyeri otot

Ruam kulit

Centre for Disease and Control (CDC) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, masyarakat masih harus waspada untuk memahami jika varian baru itu memiliki gejala yang berbeda dengan virus corona biasa. 

Di Inggris sendiri, pemerintah setempat melakukan pembatasan yang sangat ketat untuk mencegah semakin meluasnya penyebaran virus corona varian baru ini. (*)


 


Baca juga