Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah dan Wakil Bupati Lutim Irwan Bachri Syam melepas jenazah Bupati Luwu Timur (Lutim) Ir HM Thorig Husler di RS Wahidin Sudirohusodo Makassar, Kamis (24/12/2020).

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR – Jenazah Bupati Luwu Timur (Lutim) Ir HM Thorig Husler (57) dimakamkan di  Kelurahan Kappuna, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Jumat (25/12/2020).

Thorig Husler meninggal di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, Kota Makassar, Kamis (24/12) pagi. 

Upacara pelepasan jenazah almarhum berlangsung di rumah jabatan bupati Lutim, Kecamatan Malili, Luwu Timur, Jumat pagi. 

Upacara pelepasan jenazah dipimpin Ketua Pengadilan Negeri (PN) Malili, Khairul. Ribuan warga berbaur kerabat menghadiri pelepasan jenazah yang berlangsung khidmat ini. 

Ketua PN Malili atas nama pemerintah menyerahkan jenazah almarhum ke pihak keluarga untuk selanjutnya dimakamkan. 

Suasana duka menyelimuti upacara pelepasan ini. Sejumlah warga tidak dapat menahan tangisnya. Sebab, almarhum selama lima tahun memimpin Kabupaten Lutim memang dikenal dekat dengan rakyat. 

Setelah itu, ribuan warga Kabupaten Lutim ikut mengiringi jenazah dimakamkan di Kelurahan Kappuna, Kecamatan Masamba.

Sebelumnya, anggota DPRD Lutim Suardi Ismail yang mewakili pihak keluarga, menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap warga Lutim.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada seluruh pegawai di lingkup Pemkab Lutim yang ikut membantu dan mendoakan Thorig Husler selama dirawat di rumah sakit hingga pengantaran jenazah dari Makassar ke Lutim. 

Dalam rute perjalanan ke lokasi pemakaman, ribuan warga Lutim berdiri di tepi jalan untuk memberi penghormatan terakhir kepada almarhum. 

Awalnya, Thorig Husler dirawat di rumah sakit di Lutim beberapa hari setelah Pilkada Lutim 2020. Di Pilkada, Thorig Husler berpasangan Budiman. 

Thorig Husler kemudian dirujuk ke RS Wahidin Sudirohusodo, Makassar. 

Sebelumnya, Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah melepas jenazah almarhum ke Lutim. Pada momen ini, gubernur menjelaskan kondisi kesehatan almarhum.

Menurut gubernur, berdasarkan penyampaian pihak rumah sakit, Thorig Husler sempat terkonfirmasi positif Covid-19. Namun, setelah menjalani perawatan, sudah negatif. 

“Setelah dirawat oleh tim medis sudah dinyatakan negatif Covid-19. Kondisi beliau memang banyak komplikasi penyakit bawaan sesuai dengan penyampaian rumah sakit,” kata gubernur. (*)



Tags: Bupati Luwu Timur Gubernur Sulsel Ir HM Thorig Husler

Baca juga