Plt Ketua Umum DPP PPP, Suharso Monoarfa

THENEWSULSEL.COM, MAKASSAR – Suharso Monoarfa terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (DPP PPP) pada Muktamar IX PPP yang dipusatkan di Kota Makassar, Sabtu (19/12/2020) malam.  

Suharso Monoarfa yang juga menjabat Kepala Bappenas RI, sudah menunjuk beberapa formatur untuk menyusun pengurus DPP PPP periode 2020-2025. 

Baca: Hasil dan Klasemen Liga Inggris: MU Pesta Gol, Kini Tembus Tiga Besar

Salah seorang formatur yang ditunjuk adalah Amir Uskara. Politisi asal Sulsel ini menjabat Wakil Ketua Umum DPP PPP periode lalu dan duduk di kursi DPR RI. 

Setelah terpilih, Suharso Monoarfa yang saat ini menjabat Plt Ketua Umum DPP PPP, langsung menggebrak. 

Pria kelahiran Mataram, NTB ini melarang seluruh kader yang duduk dalam kepengurusan DPP PPP periode 2020-2025 menjadi calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2024 mendatang. 

Pertimbangannya, agar kader yang duduk di DPP PPP dapat berkonsentrasi penuh melakukan kerja electoral untuk meningkatkan perolehan suara partai tahun 2014.

"Mereka yang akan direkrut duduk sebagai penanggungjawab kerja elektoral tidak boleh menjadi calon anggota legislatif, tidak boleh jadi caleg,” jelas Suharso Monoarfa di kanal Youtube Petiga TV yang dilansir kompas, Minggu (20/12/2020). 

“Selama ini orang mau masuk DPP supaya dia kemudian dapat paspor untuk menjadi calon anggota DPR," tambahnya.

Larangan ‘maccaleg’ ini tidak hanya berlaku untuk kursi DPR RI, tapi juga untuk DPRD provinsi bahkan DPRD kabupaten/kota.  

Suharso Monoarfa menjelaskan, tim formatur akan menyusun kepengurusan DPP PPP yang berjumlah 20 orang. 

Ke-20 orang yang di DPP ini, tidak boleh menjadi calon anggota legislatif DPR RI, DPR provinsi, DPR kabupaten/kota. Tugasnya satu, yaitu kerja elektoral. 

Suharso Monoarfa yang menggantikan Romahurmuzy menargetkan PPP meraih 11.395.001 suara pada Pemilu 2024 nanti. 

Karena itu, ia menginginkan kader yang duduk di DPP PPP betul-betul fokus dalam kerja elektoral untuk merealisasikan target 11 juta suara itu. 

Tim formatur yang akan menyusun kerangka pengurus DPP PPP terdiri atas 13 orang. Terdiri atas ketua umum, 4 perwakilan DPP, dan 8 perwakilan DPW. (*)



Tags: Amir Uskara Muktamar PPP Suharso Monoarfa

Baca juga