Pemberian penghargaan Pemain Terbaik Dunia 2020 yang diraih Robert Lewandowski (tengah) secara virtual, Jumat (18/12/2020) dini hari WIB

THENEWSULSEL.COM, SWISS - Striker Bayern Muenchen, Robert Lewandowski terpilih sebagai Pemain Terbaik Dunia 2020, mengungguli dua kandidat lainnya, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. 

Penghargaan Pemain Terbaik Dunia itu diberikan pada ajang The Best FIFA Football Awards 2020 di Kota Zurich, Swiss, Kamis (17/12/2020) atau Jumat (18/12) dini hari WIB.

Pada ajang ini, selain anugerah Pemain Terbaik Dunia 2020 di bagian putra, juga untuk pemain putri, dan Pelatih Terbaik Dunia 2020 yang diraih Juergen Klopp (pelatih Liverpool). 

Pemberian penghargaan berlangsung secara virtual, karena masih pandemi Covid-19. 

Pencapaian Lewandowski sepanjang tahun 2020 memang luar biasa. Striker timnas Polandia ini mampu membawa klubnya, Bayern Muenchen juara Liga Jerman, Piala Jerman (DFB Pokal), dan Liga Champions.  

Lewandowski mampu mengemas 55 gol dan mencatat 10 assist dari 47 penampilan di berbagai ajang bersama Bayern Muenchen pada musim 2019-2020.

Robert Lewandowski
Bandingkan dengan Lionel Messi yang peraih gelar Pemain Terbaik Dunia 2019. Bersama Barcelona, Messi gagal total pada tahun 2020, karena tak meraih satu pun trofi juara.

Sedangkan Ronaldo meraih trofi Liga Italia bersama Juventus. 

Karena itu, masuknya nama Lionel Messi dalam daftar nominasi Pemain Terbaik Dunia 2020 menjadi sorotan tajam penggiat sepakbola, termasuk kalangan pemain. 

Mantan striker Manchester United, Dimitar Berbatov misalnya, menegaskan Messi tidak layak masuk nominasi Pemain Terbaik Dunia 2020.

Berbatov menyebut Mohammed Salah (Liverpool), Neymar Jr (PSG), atau Thiago Alcantara (mantan Bayern Muenchen) lebih pantas masuk nominasi.

Pemenang Pemain Terbaik Dunia 2020 untuk kategori wanita adalah Lucy Bronze. Pemain kelahiran Inggris ini sekarang berseragam  Manchester City. (*)



Tags: Bayern Muenchen Pemain Terbaik Dunia Robert Lewandowski

Baca juga