ilustrasi penerimaan CPNS

THENEWSULSEL.COM – Kabar gembira bagi Anda yang ingin mengabdi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN). Pasalnya, pemerintah akan segera menerima CPNS tahun 2021.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo meyebutkan, pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi 2021, dijadwalkan April hingga Mei tahun depan.

Menurut Tjahjo Kumolo, total usulan formasi CPNS 2021 yang masuk untuk instansi pusat sebanyak 113.172 dan pemerintah daerah 438.170 orang. 

Khusus untuk Pejabat Pembina Kepegawaian (PPPK) jabatan guru, tambah Tjahjo Kumolo, belum lama ini,  sesuai dengan kesepakatan beberapa menteri.

Yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Menteri PANRB, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang akan melakukan rekrutmen mulai 2021, dengan jumlah 1 juta formasi.

Baca: Undian Liga Champions Babak 16 Besar Live di UEFA.com, Begini Aturan Mainnya!

Baca: Selamat, Puluhan Daerah di Sulsel Raih Penghargaan Kota/Kabupaten Peduli HAM

Pemerintah pusat masih menunggu pengajuan usulan untuk formasi Guru PPPK hingga 31 Desember 2021.

Rencananya, khusus untuk seleksi Guru PPPK akan dilaksanakan tiga kali dalam kurun waktu tahun 2021.

Tjahjo Kumolo menambahkan, pada bulan Januari-Februari 2021, akan dilakukan verifikasi dan validasi ulang terhadap usulan formasi CPNS yang masuk tersebut. 

Karena itu dia berharap, pada awal Maret 2021, formasi sudah bisa ditetapkan dan diumumkan.

Setelah itu, KemenPANRB akan menyusun dan menetapkan Peraturan Menteri PANRB sebagai dasar hukum pelaksanaan penerimaan ASN tahun 2021, baik dari jalur CPNS maupun jalur PPPK. (*)


Tags: Formasi CPNS Penerimaan CPNS Seleksi CPNS

Baca juga