Dewan Etik Dosen LLDIKTI IX Sulawesi menggelar diskusi kelompok terpimpin “Menjaga Etika, Integritas dan Moralitas Dosen,” Kamis (10/12/2020) di Hotel Maxone Makassar.

THENEWSULSEL.COM - Dewan Etik Dosen LLDIKTI IX Sulawesi menggelar diskusi kelompok terpimpin dengan mengusung tema “Menjaga Etika, Integritas dan Moralitas Dosen,” selama dua hari, Kamis dan Jumat (10-11/12/2020) di Hotel Maxone Makassar.

Diskusi kelompok ini dibuka oleh Kepala LLDIKTI IX Sulawesi, Prof Dr Jasruddin, M.Si, didampingi Sekretaris LLDIKTI IX, Drs Andi Lukman M.Si dan Ketua Dewan Etik Dosen LLDIKTI IX, Prof Dr H Ma'ruf Hafidz, SH, MH.

Prof Jasruddin pada sambutan pembukaan mengatakan, kehadiran Dewan Etik LLDIKTI IX salah satu tugasnya adalah melakukan penyelarasan calon Guru Besar.

Kehadiran Dewan Etik ini jangan jadi penghambat, tetapi melakukan kerja secara lebih cepat dengan tetap mengacu kepada aturan yang ada.

Kedepan kerja Dewan Etik dengan tugas penyelaras akan lebih dikembangkan pada etika moral integritas dan konten usulan jadi Guru Besar.

Dosen atau Guru Besar seharusnya berintegritas, moralitas, dan beretika. Proses pembelajaran di kampus mencetak sumber daya dosen yang cerdas, jujur, dan beretika.

Baca: Sulsel Raih Penghargaan TPAKD Award 2020, Gubernur Sebut Berkat SiKoKo

Baca: 5 Negara ini Gratiskan Vaksin Corona untuk Warganya

“Memasuki tahun 2021, Dewan Etik LLDIKTI IX akan diberi tugas baru yakni melakukan skrining bagi perpindahan dan peralihan dosen,” kata Prof Jasruddin.

Dewan Etik Dosen LLDIKTI IX Sulawesi menggelar diskusi kelompok terpimpin di Hotel Maxone Makassar, Kamis (10/12/2020).

Apalagi dalam beberapa tahun terakhir ini, cukup banyak peminat yang akan beralih jadi dosen dari instansi pemerintah dari luar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Ketua Dewan Etik LLDIKTI IX, Prof Dr H Ma'ruf Hafidz, SH, MH, dalam sambutan mengatakan, sejak diberi amanah Dewan Etik, ada beberapa laporan yang masuk dari masyarakat dan civitas akademika.

Laporan yang masuk itu kemudian diproses dalam persidangan kode etik sebanyak dua kasus. 

Hasil sidang kode etik atas dua kasus yang telah disidangkan, telah diserahkan secara resmi kepada Sekretaris LLDIKTI IX, Andi Lukman dari Ketua Sidang Etik I dan II, Prof Dr H. Andi Muin Fahmal, SH MH dan Prof Dr H Hambali Thalib, SH, MH.

Saat penyerahan hasil sidang kode etik disaksikan Kepala LLDIKTI IX, Prof Dr Jasruddin, M.Si serta Ketua dan Sekretaris Dewan Etik, Prof Dr H Ma'ruf Hafidz, SH MH dan Prof Dr Eliza Meiyani M.Si.

Sekretaris LLDIKTI IX, Drs Andi Lukman, M.Si, menyatakan guna meningkatkan pelayanan LLDIKTI IX kepada stakeholder maka dukungan dari Dewan Etik Dosen sangat dibutuhkan.

Materi dalam diskusi kelompok, Kebijakan Pembentukan Dewan Etik Dosen LLDIKTI IX oleh Prof Dr Jasruddin serta Kebijakan Perencanaan dan Pendanaan Kegiatan LLDIKTI oleh Drs Andi Lukman M.Si.

Selama diskusi kelompok ini, dihadiri oleh para anggota Dewan Etik yang berasal dari beberapa kampus di wilayah kerja LLDIKTI IX. (*)


Tags: Dewan Etik Dosen LLDikti IX Sulawesi Prof Jasruddin

Baca juga