ilustrasi guru honorer

THENEWSULSEL.COM – Kabar baik bagi guru/dosen dan tenaga kependidikan honorer, yang akan mendapat bantuan dari pemerintah (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) berupa bantuan subsidi upah (BSU).   

Rencananya, pencairan BSU sebesar Rp 1,8 juta itu dimulai November ini hingga akhir tahun 2020. 

Keterangan itu disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Prof Ainun Na'im. 

"Pencairan BSU (BLT guru honorer) sudah mulai bisa dilakukan sekarang, pada November dan Desember nanti," kata Prof Ainun Na’im seperti dilansir Antara, Sabtu (21/11/2020). 

Total anggaran yang disiapkan untuk BSU Tenaga Pendidik dan Kependidikan honorer sebesar Rp 3,6 triliun yang bersumber dari APBN. 

Rencananya, pencairan BSU akan menyasar 2.034.732 orang. Rinciannya, 1,6 juta guru dan pendidik, 162.277 dosen, dan 237.623 tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium, dan tenaga administrasi. 

Untuk mengecek guru/dosen dan tenaga kependidikan honorer yang menerima BSU, bisa melalui laman resmi Informasi Guru dan Tenaga Kependidikan atau Info GTK Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbud di info.gtk.kemdikbud.go.id. 

Tapi, situs ini kadang-kadang sulit diakses, karena banyaknya orang yang membuka pada saat yang bersamaan.

Sebagai alternatif, guru dan tenaga kependidikan yang memenuhi kriteria penerima BSU bisa mengakses ke tautan https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ 

Cara mengaksesnya, buka laman https://info.gtk.kemdikbud.go.id/

Masukkan account PTK pada Dapodik. Lalu, masukkan password PTK Dapodik. Selanjutnya, klik tombol "Login" 


Tags: dosen honorer guru honorer Kemendikbud

Baca juga