Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah

THENEWSULSEL.COM -- Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) HM Nurdin Abdullah memberikan sinyal pada tiga kabupaten untuk bersiap membuka sekolah tatap muka. Tiga kabupaten itu dipilih karena kasus Covid-19 di daerah itu sudah zero kasus.

Baca: Untuk Siswa SMA Sederajat, Terbuka Peluang Dapat Beasiswa Jadi PNS

"Ketiga daerah itu adalah Soppeng, Tana Toraja, dan Toraja Utara sudah bisa buka sekolah secara tatap muka, karena sudah masuk dalam zona hijau dan nol kasus,” kata Nurdin, Kamis (12/11/2020).

Nurdin menambahkan, bagi daerah yang sekolahnya ingin mengajukan izin membuka pembelajaran tatap muka hendaknya memenuhi beberapa syarat sesuai dengan protokol kesehatan yakni ada tempat cuci tangan, juga wajib pakai masker.

Baca: Kabar Baik, Masih Terbuka Pendaftaran Progam Guru Penggerak Angkatan Kedua

"Untuk di sekolah harus diatur jarak mungkin kapasitas 50 persen dulu. Kan bisa diatur seperti itu. Pelaksanaan pendidikan tatap muka di sekolah itu tergantung masing-masing wilayah, kesiapan sekolah, dan persetujuan orang tua siswa," kata dia.

Dia mengatakan, pihak sekolah bisa mengusulkan ke Dinas Pendidikan untuk sekolah tatap muka..

Selanjutnya pihak dinas pendidikan dan kesehatan yang turun memastikan protokol Covid-19 bisa diterapkan atau tidak, agar sekolah tatap muka digelar.

Sementara itu, di Kota Makassar hingga saat ini baru Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Kehutanan Makassar yang diberi izin untuk menggelar sekolah secara tatap muka.

“Baru SMK kehutanan yang bermohon dan memenuhi syarat pembukaan sekolah tata muka dan ini sudah berjalan," kata Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Muhammad Jufri.

Menurut dia, pihaknya masih menunggu sekolah lain yang sudah siap membuka sekolah tatap muka, tetapi dengan catatan mengindahkan protokol kesehatan.(*)


Baca juga