Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. H. Basri, SPd.MPd melakukan peninjauan jalannya PPDB 2020 di SMA Negeri 17 Makassar pada Senin (15/6/2020).

RAGAMNEWS.ID, MAKASSAR - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang SMA, SMK dan SLB tahun 2020 mulai dibuka hari ini, Senin (15/6/2020). 

Pendaftaran tahap pertama hari ini khusus jalur SMA Boarding School hingga 19 Juni 2020. Sedangkan pengumuman tetap jalur boarding ini tanggal 20 Juni 2020.

Adapun jadwal pendaftaran PPDB jenjang SMA untuk jalur zonasi dimulai tanggal 29 Juni-3 Juli 2020. Pengumuman tetap tanggal 4 Juli 2020 dan Daftar Ulang (online)  6-8 Juli 2020.

Baca: Update Terbaru Jadwal Pelaksanaan PPDB 2020 Online Jenjang SMA dan SMK di Sulsel

Baca: Pendaftaran Taruna Baru, Politeknik Penerbangan Makassar Disdik Sulsel, Ini Jadwal Lengkapnya

Sementara untuk non zonasi seperti jalur (afirmasi prestasi akademik, prestasi non akademik, Perpindahan tugas Orang tua/wali) dimulai tanggal 22 - 24 Juni 2020.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. H. Basri, SPd.MPd melakukan peninjauan jalannya PPDB di SMA Negeri 17 Makassar.

Bari mengatakan, jumlah SMA Boarding (Berasrama) di Sulsel sebanyak 7 buah, yaitu SMAN 17 Makassar, SMAN 5 Gowa, SMAN 11 Pangkep, SMAN 13 Pangkep, SMAN 6 Barru, SMAN 5 Parepare, dan SMAN 11 Pinrang.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. H. Basri, SPd.MPd membuka dan memberikan sambutan pada acara Seminar Seni Virtual MGMP Seni Budaya SMA-SMK Sulsel, Sabtu (16/5/2020).

Pendaftaran PPDB hari ini, kata Basri, berjalan lancar, terutama jaringan internet stabil. Ia memberi apresiasi pada pihak Telkom dan berharapkan selama proses PPDB terus menjaga stabilitas jaringannya.

Basri juga memberi apresiasi kepada panitia PPDB SMAN 17 yang bekerja dengan baik, dan melakukan dialog dengan sejumlah panitia, termasuk operator sekolah, dan tim pengaduan PPDB SMAN 17.

Kesigapan tim PPDB SMAN 17 Makassar, diakui Basri mantap. Namun, ia mengingatkan, terutama tim pengaduan tetap tanggap. 

Baca: Pendaftaran PPDB 2020 Tingkat SMA, SMK dan SLB Diundur 15 Juni, Disdik Sulsel Gelar Rakor

Baca: 4 Proyek Pembangunan di Politani Pangkep Mangkrak, Terbaru Dermaga Pendidikan, Alumni Prihatin

“Kalau ada masalah hendaknya cepat ditanggapi, dikoordinasikan dan sedapat mungkin diselesaikan pada hari itu juga,” ucap Basri.

Selain itu, Basri juga mengingatkan panitia PPDB SMAN 17 Makassar untuk memperhatikan protokol kesehatan selama PPDB, yaitu menyiapkan sarana cuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menyiapkan handsanitizer.

Selain SMA Berasrama, PPDB jenjang SMK juga telah dibuka hari ini. Pendaftaran dan verifikasi data jenjang SMK dibuka hingga 3 Juli 2020. Pengumuman 4 Juli, dan pendaftaran ulang 6 – 8 Juli 2020. (*)

Tata Cara Pendaftaran SMA

1. Pendaftar dapat mengunjungi lama PPDB SUlawesi Selatan di ppdb.sulselprov.go.id;

2. Setelah mendaftar, calon peserta didik baru melakukan cerifikasi dengan mengupload dokumen yang diperlukan di url: ppdb.sulselprov.go.id yang akan diterima oleh satuan Pendidikan pilihan pertama;

3. Pendaftaran hanya memilih 1 (satu) jalur PPDB 2020 dari 4 (empat) jalur, yaitu Jalur Zonasi, Jalur Afirmasi, Jalur Prestasi dan Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali, selama pendaftaran;

4. Pendaftar Jalur Zonasi, dapat memlih 3 satuan pendidikan di dalam zonasi domisili masing-masing;

5. Pendaftar Jalur Afirmasi, Jalur Prestasi dan Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali harus memilih 3 satuan pendidikan di dalam dan atau di luar zonasi domisili masing-masing;


Tags: Disdik Sulsel Dr Basri PPDB 2020 Provinsi Sulawesi Selatan

Baca juga