Politeknik Pariwisata Makassar atau Poltekpar Makassar saat ini menerima pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021.

RAGAMNEWS.ID, MAKASSAR - Politeknik Pariwisata Makassar atau Poltekpar Makassar mengadakan Focus Group Discussion (FGD) membahas pelaksanaan praktik kerja nyata (PKN) pada masa pandemi Covid-19, Jumat (5/6/2020).

Focus Group Discussion (FGD) pelaksanaan Praktik Kerja Nyata (PKN) di masa pandemic covid-19 dilangsungkan di Kampus Politeknik Pariwisata Makassar.

Kegiatan FGD dibuka langsung oleh Direktur Poltekpar Makassar Drs Muhammad Arifin MPd serta diikuti oleh 40 peserta. 

Baca: Pendaftaran UTBK SBMPTN 2020 Hingga 20 Juni, Rektor UNM Peserta Ingat Hal Berikut Ini?

Baca: Bahas PPDB 2020, Disdik Sulsel Rapat dengan Telkom, Begini Jadwal Lengkap Pendaftaran?

PKN adalah proses pembelajaran mahasiswa berupa kerja praktik di dunia industry / perusahan, dan instansi yang merupakan salah satu mata kuliah wajib sebelum mahasiswa mengajukan tugas akhir/ proyek akhir.

"Pelaksanaan PKN disesuaikan sesuai kurikulum pada masing-masing program studi. Adapun syaratnya akan menempuh PKN adalah mahasiswa yang memenuhi beberapa persyaratan," kata Arifin.

Seperti telah menempuh paling sedikit 110 SKS dan memiliki IPK lebih dari 2, telah memprogram mata kuliah PKN dalam KRS, telah memenuhi segala persyaratan administratif yang ditentukan serta memiliki kompetensi dengan keilmuan.

Wajib Analisis Praktek

Bentuk praktek kerja nyata ini dititikberatkan pada pekerjaan operasional level di bidang perhotelan atau kepariwisataan dan perjalanan untuk program Diploma III dan manajerial level untuk program Diploma IV.

Dikutip dari rilis Humas Poltekpar Makassar, mahasiswa diwajibkan untuk menyusun laporan yang berisi  tentang laporan kegiatan dan analisis praktek selama melaksanakan PKN.

Adapun periode pelaksanaan Praktek Kerja Nyata di perguruan tinggi negeri pariwisata (PTNP) di lingkungan kemenparekraf selama 6 (enam) bulan atau satu semester.

Baca: 6 Artis Rayakan Idul Fitri Pertamanya pada Lebaran Tahun 2020 Ini, Siapa Saja Mereka?

Baca: Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula, KPU Makassar Temui Kepala Disdik Sulsel, Lakukan Hal Ini?

Untuk periode pertama berlangsung Januari-Juni dan kedua Juli- Desember, baik level operasional  maupun level manajerial atau tergantung kesepakatan institusi dengan industry/perusahaan dan  instansi tempat mahasiswa melaksanakan PKN.

Beberapa sebaran Lokasi Mahasiswa PKN Periode Januari-Juni 2020 yaitu Malaysia, Bandung, Bali, Lombok, Jakarta, Batam, Yogyakarta, Labuan Bajo dan Makassar.

Perlu diketahui wabah Covid-19 dimulai pada bulan maret maka PTNP di lingkungan kemenparekraf mengeluarkan kebijakan yakni penarikan semua peserta PKN untuk periode Januari-Juni.

"Sedangkan untuk pelaksanaan periode Juli-Desember mengingat Covid 19 belum jelas kapan akan berakhir maka diputuskan Pelaksanaan PKN mahasiswa dilaksanakan di Sulawesi Selatan," kata Arifin. (*)


Tags: Kota Makassar Politeknik Pariwisata Makassar Poltekpar Makassar Provinsi Sulawesi Selatan

Baca juga