Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan mengadakan acara Halal bihalal virtual setelah Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, Rabu (27/2020).

RAGAMNEWS.ID, MAKASSAR - Hari kedua masuk kantor setelah libur Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan mengadakan acara Halal bihalal virtual, Rabu (27/2020).

Halal BIhalal virtual ini diikuti para pejabat Disdik Sulsel, para Kepala Cabang Dinas Pendidikan, para Kepala UPT SMA, SMK, dan SLB se Sulsel, para pengawas, Ketua Dewan Pendidikan Sulsel, serta Ketua Komisi E DPRD Sulsel.

Acara Halal bihalal dibuka Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. H. Basri, SPd. MPd di ruang e-Panrita Disdik Sulsel Jl. Perintis Kemerdekaan Km 10 Tamalanrea Makassar, Sulsel.

Baca: Siswa SMA & SMK se-Sulsel Ikut Lomba Takbiran Virtual Sambut Idul Fitri, Ini Pemenangnya?

Baca: Hore, Kuota Penerimaan PPDB 2020 Jenjang SMA dan SMK Sulsel Surplus, Begini Jumlahnya?

Dalam sambutannya, Basri mengatakan, sudah menjadi kebiasaan kita sebagai umat muslim pada Hari Raya Idul Fitri untuk selalu bermaaf-maafan yang dimaksudkan untuk mencari ridha Allah.

"Bermaaf-maafan ini dikarenakan secara pribadi pernah ada kata-kata atau perbuatan yang khilaf yang disengaja atau tidak disengaja, sehingga di momentum Idul Fitri ini kita saling memaafkan atau berhalal bil halal," ujar Basri.

Protokol Kesehatan

Namun karena adanya wabah covid-19, acara halal bihalal, kata Basri, dilaksanakan secara virtual, sesuai anjuran pemerintah, yaitu sesuai protokol kesehatan.

Acara Halal bihalal, kata Basri, identik dengan berjabat tangan, namun pada masa pandemi covid-19 ini, berjabat tangan tidak dapat kita laksanakan karena adanya aturan phisical distancing.

"Namun demikian tidak menghalangi hati kita untuk saling berjabat, karena inti memaafkan adalah memaafkan sampai ke dalam hati," ujarnya.

Baca: Pelaksanaan PPDB 2020 Full Online, Dinas Pendidikan Sulsel Warning Lembaga Psikotes

Baca: 6 Artis Rayakan Idul Fitri Pertamanya pada Lebaran Tahun 2020 Ini, Siapa Saja Mereka?

Acara Halal bihalal ini, menurut Basri dimaksudkan untuk menjalin silaturrahmi sesama Keluarga Besar Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, yang walaupun dilaksanakan secara online karena pandemi covid-19, namun tidak mengurangi jalinan silaturahmi di antara kita.

"Jarak boleh berjauhan apalagi ada larangan mudik, tetapi rasa saling memaafkan tetap dekat di dalam hati kita masing-masing," ucap Basri dalam rilis Humas Disdik Sulsel ke ragamnews.id.

Acara Halal bil Halal diawali dengan pembacaan ayay suci alquran yang dibawakan Nur Hikmah Ibrahim dari SMAN 2 Makassar. Sementara penceramah, yaitu Dr. H. Usman Jasad, SAg. MPd.

Pada kesempatan tersebut ustaz Usman Jasad memaparkan eksistensi manusia sebagai mahluk sosial yang tidak luput dari kesalahan dan dosa.

Menurutnya, manusia yang terbaik dalam pandangan Islam adalah manusia yang manakala berbuat dosa  segera sadar lalu melakukan tobat dan meminta maaf kepada orang yang ditempat berbuat salah dan dosa. (*)


Tags: Covid-19 Dinas Pendidikan Disdik Sulsel Dr Basri Virus Corona

Baca juga