Lomba Takbiran Virtual SMA SMK se Sulawesi Selatan sekaligus memimpin Takbir Akbar Virtual di malam takbiran Idul Fitri, Sabtu (23/5/2020) malam.

RAGAMNEWS.ID, MAKASSAR - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Dr Basri SPd MPd menutup Lomba Takbiran Virtual SMA SMK se Sulawesi Selatan sekaligus memimpin Takbir Akbar Virtual di malam takbiran Idul Fitri, Sabtu (23/5/2020) malam.

Basri mengaku kegiatan ini luar biasa, sangat spektakuler. "Saya sempat tanya panitia bisaji dilaksanakan dengan persiapan yang sangat singkat ini," ucap Basri.

Ini luar biasa, kata Basri, bukan hanya lombanya, tapi secara bersamaan, kita juga dapat menggali potensi bakat anak kita, sekaligus pembinaan akhlak atau karakter siswa.

Lomba yang diprakarsai Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Seni Budaya SMA SMK Sulsel ini, menurut Basri merupakan kegiatan hasil kreatif dan inovasi teman-teman MGMP Seni Budaya yang senantiasa terus melakukan inovasi dan kreatifitas.

Baca: Kenapa Gula Mahal? Penelitian KPPU, Kebijakan Gula Untungkan Importir dan Petani Besar

Baca: Bacaan Takbiran Idulfitri 1441 H dalam Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia

Takbiran, kata Basri, biasanya dilakukan dengan konvoi di jalan-jalan, tapi kali ini dilakukan di rumah saja. Hal ini sekaligus kita berkegiatan dengan mematuhi aturan pemerintah, yaitu memutus mata rantai virus corona atau Covid-19.

Basri berharap, tidak saja MGMP Seni budaya, MGMP bidang studi lain diharap juga membuat kegiatan yang inovatif dan kreatif sehingga yang pada akhirnya siswa dapat memiliki pengetahuan, keterampilan dan katakter lebih baik dan berkualitas sebagai bekal di masa yang akan datang.

Sebagai juara pertama dalam Lomba Takbiran Virtual diraih perwakilan SMA Selayar, juara II perwakilan dari SMA Bantaeng, dan juara III perwakilan SMK Selayar, serta juara harapan I perwakilan dari SMAN 14 Makassar dan juara harapan II perwakilan dari SMA Pangkep.

Para Pemenang

Pada kesempatan yang sama juga diumumkan hasil lomba Ceramah Ramadhan (Kultum) antar siswa SMA dan SMK.

Juara pertama jenjang SMA atas nama Fatahulumam Afdal SMAN 12 Gowa dengan nilai 254, juara II, Muhammad Qayyum dari SMAN 4 Luwu dengan nilai 233 dan juara III atas nama Rahmatullah Qadri dengan nilai 251.

Jenjang SMK, juara pertama atas nama Nabila Nurul siswa SMKN 1 Maros dengan jumlah nilai 266, juara II atas nama Nur Hamsiani dari SMKN 1 Wajo, juara III Sahratuljanna dari SMKN 9 Bulukumba.

Sementara itu untuk juara favorit berdasarkan pilihan pemirsa (like terbanyak) diraih Baso Muhammad Anugerah dari SMAN 2 Wajo. (*)


Tags: Covid-19 Disdik Sulsel Dr Basri Sulawesi Selatan Virus Corona

Baca juga