Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Dr.H.Basri, SPd.MPd memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) PPDB virtual dengan MKKS dan sejumlah Kepala SMP se Kota Makassar, Selasa (19/5/2020).

RAGAMNEWS.ID, MAKASSAR - Daya tampung siswa SMA dan SMK di Sulawesi Selatan mengalami surplus pada pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020.

Tidak tanggung-tanggung jumlahnya tergolong besar, yaitu mencapai 22.434 kursi. Artinya lulusan SMP dan sederajat berpeluang besar lolos ke jenjang SMA dan SMK sederajat.

Hal itu dijelaskan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Dr.H.Basri, SPd.MPd dalam rilis ke ragamnews.id, Selasa (19/5/2020).

Baca: Pelaksanaan PPDB 2020 Full Online, Dinas Pendidikan Sulsel Warning Lembaga Psikotes

Baca: Seminar Virtual, Guru Seni Budaya SMA-SMK Sulsel Diminta Kreatif dalam Pembelajaran Online

"Dengan selisih yang sangat besar ini, kami optimis pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) akan berjalan lancar dan sukses," kata Basri pada forum Rapat Koordinasi (Rakor) PPDB virtual dengan MKKS dan sejumlah Kepala SMP se Kota Makassar, Selasa (19/5).

Rakor PPDB antara Disdik Sulsel dengan MKKS dan sejumlah Kepala SMP se Kota Makassar yang baru pertama kalinya disambut baik keduabelah pihak. "Ini salah satu terobosan yang patut diapresiasi," ujar Basri.

Pertemuan ini menurut Basri dalam rangka mengantisipasi permasalahan yang ada di lapangan, sekaligus Basri mengharapkan masukan dan saran demi kelancaran pelaksanaan PPDB jenjang SMA, SMK di Makassar.

Sebagai langkah awal Basri telah mengedarkan format isian kepada para Kepala SMP untuk diteruskan kepada siswa SMP yang akan melanjutkan ke jenjang SMA atau SMK. 

Gambaran Peminat

Format isian ini, kata Basri, menjadi data awal bagi SMA/SMK yang akan memberikan gambaran jumlah peminat calon siswa baru setiap sekolah sebelum pelaksanaan PPDB.

Pada kesempatan tersebut Basri mengungkap sejumlah modus yang sering digunakan untuk meloloskan calon siswa baru pada sekolah tertentu.

>> Selanjutnya ...


Tags: corona Dinas Pendidikan Sulsel Disdik Sulsel Dr Basri Virus Corona

Baca juga