Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. H. Basri, SPd.MPd membuka dan memberikan sambutan pada acara Seminar Seni Virtual MGMP Seni Budaya SMA-SMK Sulsel, Sabtu (16/5/2020).

RAGAMNEWS.ID, MAKASSAR - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. H. Basri, SPd.MPd membuka dan memberikan sambutan pada acara Seminar Seni Virtual MGMP Seni Budaya SMA-SMK Sulsel, Sabtu (16/5/2020).

Seminar yang diikuti seluruh guru seni budaya se-Sulsel ini diinisiasi Ketua MGMP Seni Budaya SMA- SMK Provinsi Sulawesi Selatan, Armin Amri.

Hadir sebagai pemateri Wakil Rektor II UNM Prof Karta Jayadi, MSn yang membawakan materi dengan judul 'Asyik Belajar, Berkarya Seni dari Rumah'.

Baca: Plt Kadisdik Sulsel Perintahkan Kepsek Buat Standar Pelayanan PPDB

Baca: Sekretaris AMI UMI Makassar, Surani Raih Gelar Doktor dengan Predikat Sangat Memuaskan

Juga hadir memberikan materi, dosen FSD UNM, Dr. Sukarman dengan tema Strategi Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Daring, dan pemateri ketiga, Widyaiswara P4TK Seni dan Budaya Yogyakarta Cahya Yuawana, S.Sos.MPd.

Basri mengatakan, di tengah merebaknya wabah covid-19 seluruh aktivitas kerja beralih ke rumah demi memutus mata rantai penyebaran virus corona atau covid-19.

Belajar dari rumah, kata Basri, guru harus jeli dengan segala macam strategi dan metode pembelajaran jarak jauh (daring) yang menyenangkan serta harus terukur capaiannya.

Karena itu, Basri memotivasi para guru seni budaya, khususnya jenjang SMA-SMK se Sulsel untuk selalu melakukan kegiatan yang inovatif dan kreatif. Apalagi katanya guru seni budaya identik dengan sosok yang penuh kreasi dan inovatif.

Baca: JNE Bersama Ikhlas Foundation Bagikan 1500 Nasi Bungkus Buka Puasa

Baca: Panduan Bayar Zakat Fitrah via Online di Website Badan Amil Zakat Nasional

Hal ini menurut Basri, sejalan dengan ide mas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk menghadirkan Merdeka Belajar serta harapan Pemerintah Sulsel untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas.

Seminar virtual MGMP Seni Budaya ini, kata Armin Amri digelar untuk menjawab tantangan dan keluhan berbagai pihak yang terkesan bahwa efek BDR peserta didik terbebani dengan tugas yang menumpuk.

Hal itu, kata Armin harus dijawab dengan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dengan strategi yang jitu serta umpan balik yang cepat, akurat dan pola kerja yang mudah.

Semua peserta seminar virtual yang tidak saja guru seni budaya dari Sulsel, juga ada dari Medan, Papua dan lainnya ini mendapatkan sertifikat yang langsung dikirimkan lewat email masing-masing.

Di akhir acara seminar, turut memberikan closing statement, Kepala UPT PTIKP Disdik Sulsel, Dra Hj Andi Hidayati, MPd.

Ia menegaskan sinergitas guru, siswa, orang tua serta pemangku kebijakan di masa wabah covid-19 akan mendorong terciptanya pembelajaran tanpa beban mental bagi peserta didik dan harus ditopang dengan kreatifitas guru meracik sajian materinya dengan kemasan kreatif dan inovatif. (*) 


Tags: corona Covid-19 Dinas Pendidikan Dinas Pendidikan Sulsel Disdik Sulsel Dr Basri Virus Corona

Baca juga