Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin saat membuka even tahunan Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia di Pantai Akkarena, Kamis (7/03/2019). Foto: Dok.Humas

Ragamnews.id, Makassar -- Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengimbau seluruh pelajar Makassar untuk senantiasa menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan rutin menyikat gigi dua kali sehari. 

Hal itu disampaikan kepada ratusan anak yang hadir dalam Bakti Sosial Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI) di Pantai Akkarena Makassar, Kamis (7/03/2019).

"Kita tadi sudah dengar penyuluhan tentang menjaga kesehatan gigi dan mulut. Harus menyikat gigi dua kali sehari, bangun tidur dan sebelum tidur," ungkapnya. 

Naisyah menjelaskan, waktu yang paling penting menyikat gigi sebenarnya pada saat sebelum tidur di malam hari. Alasannya, sisa-sisa makanan yang ada di sela-sela gigi dapat menggerogoti selaput gigi di malam hari. Apalagi dengan mengonsumsi jenis makanan yang manis. 

Pemkot Makassar, kata Naisyah, saat ini telah memiliki program Pembinaan Kecamatan Sehat Gigi. Melalui program ini, kata Naisyah, seluruh siswa-siswi diperiksa giginya secara intensif. 

Perlu terus menerus program pembinaan kecamatan sehat gigi, karena di Makassar kasus kerusakan gigi pada anak usia sekolah masih tinggi sehingga perlu penanganan cepat dan intens.

Karena itu, ke depannya perlu kerjasama antara pihak Dinkes Makassar dengan CSR Perusahaan untuk menyediakan sikat gigi gratis bagi anak sekolah baru.

"Dampaknya anak sekolah yang sakit gigi, mereka tidak akan fokus belajar, makanya kita dari pihak sekolah dan juga orangtua mengimbau dan mengawasi anaknya agar rajin menyikat gigi," ungkapnya




Tags: Kota Makassar

Baca juga